Akstrimpala’s Blog

Organisasi Pecinta Alam SMA TRIMURTI SURABAYA

baju untuk tracking

Memilih baju untuk tracking

Untuk Trekking menyusuri pegunungan atau hutan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah pakaian. Soalnya, pakaian yang kurang tepat dapat mengganggu petualangan, entah Anda menjadi kedinginan atau sebaliknya kepanasan. Bagaimana memilih pakaian yang tepat?

Memilih pakaian untuk petualangan harus disesuaikan dengan iklim dan cuaca pada saat Anda melakukan kegiatan tersebut. Penyesuaian itu menyangkut jenis bahan maupun model yang akan Anda pakai. Apalagi jika Anda bermukim di daerah yang memiliki berbagai musim. Berikut ini beberapa petunjuk yang dapat Anda jadikan pedoman:

Pakaian lapisan dalam. Pakaian tersebut akan bersentuhan langsung dengan kulit Anda. Untuk itu pilihlah baju dari bahan yang mudah menguapkan keringat Anda tanpa menyebabkan Anda merasa basah dan dingin. Kain katun dapat menyerap keringat tetapi tidak mampu menguapkan keringat itu. Untuk hawa dingin gunakan kain dari polypropylene (seperti Capiline, Thermion, Thermax dan Thermastat) dan longjohns. Namun bila cuaca agak panas, Anda dapat mengenakan kain CoolMax, Supplex atau polyester microfiber.

Pakaian lapis kedua. Jika hawanya dingin gunakan pakaian dari bahan yang dapat menambah kehangatan tubuh Anda. Pakaian itu bisa berupa pakaian atau celana dari bahan wool, fleece, pile, atau down. Namun bila Anda berjalan pada musim panas, tanggalkan pakaian tersebut karena menambah panas tubuh Anda.

Pakaian luar. Pakaian luar ini akan melindungi Anda dari berbagai hal dan juga menghangatkan tubuh Anda. Jaket yang tahan air adalah pakaian yang tepat untuk lapisan luar. Bila musim hujan gunakan pakaian luar dari kain yang memudahkan Anda bernafas seperti Goretex atau Ultrex. Bahan itu memang lebih mahal dibanding jas hujan biasa, tetapi pakaian tersebut akan memberikan kenyamanan yang lebih baik karena bisa menjaga sirkulasi udara dalam tubuh Anda.

Nah, dengan pakaian semacam itu Anda dapat melakukan trekking tanpa merasa kedinginan di saat musim dingin. Dan jika Anda merasa kepanasan Anda tinggal melepas pakaian pada lapis kedua. Bila masih kepanasan juga, Anda tinggal menanggalkan pakain luar. Mudah bukan?

Sumber : http://www.highcamp.com

14 April 2009 - Posted by | pengetahuan | , , ,

2 Komentar »

  1. wah boleh juga tuh artikelnya..maen dong ke blogku : http=//r0ch4.wordpress.com

    Komentar oleh r0ch4 | 14 April 2009 | Balas

    • wah wah q baru bljr bos…

      emmm klo blh seh mnt ajarin gmn cr mbkn tampilan sprt blog mu bos?

      keren tu tampilannya…

      Komentar oleh akstrimpala | 14 April 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: